Warga Facebook Masih Khawatirkan Privasi

Warga Facebook Masih Khawatirkan PrivasiSetengah dari warga AS yang memiliki akun profil di Facebook dan MySpace mengaku cukup khawatir dengan privasi yang ada. Survei yang dilakukan oleh Marist College Institute untuk Public Opinion ini menemukan jika responden yang berusia di atas 60 tahun adalah yang paling merasa khawatir dengan privasi. Menurut Berita Utama responden wanita ternyata lebih merasa khawatir ketimbang pria. Kita berada di era informasi saat ini. Beberapa orang merasa prihatin dan gelisah mengenai informasi online yang beredar. Ada beberapa elemen privasi yang dianggap sebagian orang akan semakin hilang," ujar Dr Lee Miringoff, Direktur Marist College, seperti dikutip melalui Straits Times, Jumat (16/7/2010).

Privasi di situs jaringan sosial merupakan masalah yang sedang berlangsung saat ini. Facebook baru saja mengubah kebijakan untuk memberikan kontrol yang lebih kepada para pengguna terkait informasi dari profil mereka. Sayangnya hal itu pun belum cukup karena masih ada saja pihak yang memprotes, baik dari konsumen maupun pemerhati industri. Tidak perlu banyak untuk meningkatkan kepedulian dan ketika semua muncul ke permukaan, maka seiring dengan itu pula keprihatinan masyarakat semakin meningkat," ujar Dr Miringoff.

Jajak pendapat itu menunjukkan jika 27 persen dari 1.004 orang yang ikut ambil bagian dalam survei khawatir tentang privasi pada situs-situs jaringan sosial, dan lebih 23 persen merasa sangat prihatin. Warga AS yang lebih tua khawatir tentang privasi karena situs-situs jaringan sosial ternyata tidak terlalu cocok untuk mereka, melainkan hanya untuk anak muda, yang lebih longgar menanggapi masalah situs dan privasi. Namun begitu Menurut Berita Utama bahwa secara keseluruhan, 43 persen responden tersebut mengaku masih akan menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, MySpace dan LlinkedIn. Bahkan dari seluruh reponden yan terlibat, masing-masing 40 persen pria dan 45 persen wanita, mengatakan memiliki profil yang lengkap di jejaring sosial itu.

0 komentar:

By: Mbahgendeng