Populasi Internet China Capai 420 Juta

Populasi Internet China Capai 420 JutaBelum ada yang mengalahkan China sebagai negara dengan populasi internet terbesar di dunia, menurut pengamatan Berita Utama. Data baru menunjukkan populasi internet di China mencapai 420 juta jiwa. Data yang dipublikasikan oleh Badan Informasi Internet China (China Internet Network Information Centre/CINIC) mengatakan jika populasi tersebut sama dengan jumlah sepertiga total penduduk di China. Bahkan, dilansir melalui Straits Times, Jumat (16/7/2010), negara tersebut mencatatkan kenaikan sekira 36 juta pengguna dibandingkan jumlah yang pernah dipublikasikan pada akhir 2009 lalu. Angka 36 juta masih lebih besar disbanding jumlah total penduduk di Kanada.

Peningkatan jumlah populasi internet di China itu dipicu oleh berbagai factor. Salah satunya, menurut CINIC adalah meningkatnya kebutuhan akan belanja online yang ‘menjangkiti’ warga China. Bahkan pengguna internet China yang aktif melakukan online shopping mencapai 142 juta.

Selain itu, jumlah pengguna internet yang mengakses web dari ponsel meningkat sekira 277 juta, dari tahun sebelumnya yang hanya 233 juta. Peningkatakan jumlah pengguna mobile web ini juga dipicu oleh berkembangnya teknologi 3G di negara tersebut. Sayangnya menurut Berita Utama, meski pengguna interner di China telah melampaui angka 400 juta, pemerintahannya masih saja memberlakukan sensor ketat dan mengekang kebebasan berekspresi. Bahkan China dikenal dengan ‘Great Firewall’ nya.

0 komentar:

By: Mbahgendeng