Nick Clegg Pilih Naik Kereta ke Kantor

Menjadi petinggi di negara sepenting Inggris tidak lantas membuat Nick Clegg dan istrinya Miriam bertingkah. Mereka memutuskan tetap naik kereta untuk pergi ke kantor, menurut informasi yang diterima Cililin. Pria berpakaian resmi dengan dasi ungu itu tampak seperti penumpang kereta lain pada umumnya: berdesak-desakan dan berdiri di gerbong sambil sibuk membaca koran. Siapa menyangka pria tersebut adalah Nick Clegg, Wakil Perdana Menteri (PM) Inggris. Tanpa pengawalan ketat, tanpa protokoler, dan tanpa menyusahkan penumpang lain, Clegg dengan santai naik kereta api. Pemandangan tidak biasa ini ditemui di sebuah gerbong yang meninggalkan Stasiun King Cross, London.

Tidak seperti wakil PM sebelumnya, Clegg memang tidak ingin tampil mencolok ataupun berubah hanya gara-gara menjadi pejabat penting.Dia tetap menggunakan kereta seperti komuter London untuk menuju tempat kerjanya dan meninggalkan Jaguar antipeluru yang menjadi mobil dinasnya di stasiun. Pria ganteng ini juga tidak menggunakan statusnya agar diperlakukan istimewa.

Seperti penumpang lain, pemimpin Partai Demokrat Liberal tersebut harus mengantre untuk menuju pintu masuk otomatis. Sementara Miriam, istri Clegg, juga tetap menggunakan kereta untuk menuju kantornya. Tanpa canggung,wanita cantik ini berdiri dengan puluhan penumpang lain saat menunggu keretanya datang. Sikap Clegg dan istrinya ini jelas dipuji masyarakat Inggris. Mereka mengaku salut dengan pasangan suami istri yang hidup bersahaja ini.

Pilihan pasangan suami istri Clegg jelas berbeda 180 derajat dibandingkan dengan pendahulu mereka, John Prescott, yang dikenal sering menggunakan hak istimewanya sebagai wakil PM. Pria berjuluk Two Jags itu pernah menggunakan mobil dinas lengkap dengan polisi pengawal hanya untuk memindahkan sang istri ke tempat konferensi Partai Buruh yang jaraknya hanya sejauh 228 meter dari rumah dinasnya. Mau tahu alasan Prescott melakukan itu? Sederhana, dia tidak ingin tatanan rambut sang istri berantakan.

Saat ditanya mengenai keputusan itu, Prescott memberikan jawaban superenteng. Saya melakukan itu karena alasan keamanan dan istri saya tidak suka rambutnya acak-acakan karena tertiup angin, ucapnya. Keputusan Clegg dan istri untuk hidup bersahaja kemungkinan berkaca pada bosnya, David Cameron. PM baru Inggris tersebut meninggalkan kendaraan Jaguar yang menjadi kendaraan resminya dan memilih berjalan kaki untuk ke kantor.

Dia juga menolak untuk menggunakan polisi bermotor saat harus menggunakan mobil. Keberadaan polisi bermotor difungsikan untuk melancarkan jalanan yang dilalui PM serta memberi perlindungan. Kendati banyak yang memuji, sebagian orang menilai keputusan Cameron membahayakan karena bagaimanapun dia kini menjadi simbol Inggris dan bisa saja menjadi sasaran tembak atau teroris.

Mantan Kepala Badan Perlindungan Kerajaan di Scotland Yard, Dai Davies, mengaku terkejut dengan keputusan Cameron. Saya berharap Cameron mempertimbangkan lagi keputusannya karena itu sangat berbahaya, terutama saat terjadi kemacetan, jelasnya. Pendahulu Cameron, Gordon Brown, dikelilingi setidaknya enam polisi bermotor saat berada di jalan.

Tony Blair bahkan pernah diprotes karena menggunakan jalur bus untuk perjalanan mobilnya dari Heathrow Airport ke kantornya di Downing Street 10. Namun, cerita PM Inggris yang bersahaja bukan hanya datang dari Cameron. John Major, PM Inggris sebelum Tony Blair,tidak memakai kawalan polisi dan sering terlihat terjebak macet sambil bekerja di mobilnya.

0 komentar:

By: Mbahgendeng