Ketua FA Mundur dan Bidding Inggris Terancam

Ketua FA Mundur dan Bidding Inggris TerancamDaftar Tetap Pemain Harus Masuk 1 Juni merupakan postingan sebelumnya di blog Mbahgendeng, dan kali ini saya akan membahas tentang Ketua FA Mundur dan Bidding Inggris Terancam. Menurut informasi bahwa Peluang Inggris menghelat Piala Dunia 2018 terancam menyusul mundurnya chairman FA sekaligus ketua bidding, Lord Triesman.

Triesman mundur dari jabatannya, Minggu (16/5/2010) waktu setempat, setelah rekaman percakapannya dengan seorang kolega perempuan bocor ke publik. Dalam rekaman itu, Triesman melontarkan spekulasi bahwa saingan terbesar Inggris, Spanyol, berencana mundur dari bidding untuk membantu Rusia. Triesman mengklaim, langkah itu dilakukan Spanyol demi meminta bantuan Rusia menyuap wasit pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan mendatang.

Jika Spanyol mundur karena berharap bantuan Rusia untuk menyuap wasit di Piala Dunia, maka suara mereka akan beralih kepada Rusia, menurut hasil penyelidikan Type Approval Indonesia. Ada beberapa bukti bahwa otoritas sepak bola Spanyol berupaya mencari tahu identitas para wasit, dan membayar mereka, demikian salah satu potongan percakapan Triesman yang direkam tanpa sepengetahuannya.

Bocornya rekaman percakapan itu ke salah satu media nasional Inggris akhirnya memaksa Triesman mundur dari kedua jabatannya. Dewan bidding juga telah mengirimkan surat permintaan maaf kepada FA Spanyol dan Rusia.

Saya memutuskan mundur sebagai chairman FA dan ketua bidding Piala Dunia 2018… Dalam percakapan (yang terekam itu), saya mengungkapkan komentar seputar spekulasi tentang konspirasi yang ada di seluruh dunia. Komentar itu tidak untuk ditanggapi serius, seperti sewajarnya percakapan pribadi, jelas Triesman.

Pernyataan itu tidaklah mewakili dewan bidding maupun FA, tegas Triesman sebagaimana dikutip Goal, Senin (17/5/2010). Guna menyelamatkan peluang bidding Inggris, FA akhirnya menunjuk Sebastian Coe dan Sir Keith Mills untuk menggantikan peran Triesman. Lord Coe adalah mantan atlet nasional yang kini berkiprah di bidang politik. Sementara, Mills merupakan salah satu penanggung jawab bidding Olimpiade London 2012.

Menurut pengamatan dari blog Piala Dunia 2010 Afrika Selatan bahwa keduanya sepakat menjalankan peran yang lebih besar di belakang layar dan menyelamatkan kampanye bidding. Prioritas utama Coe dan Mills saat ini adalah mengembalikan nama baik dewan bidding serta meyakinkan presiden FIFA, Sepp Blatter, jika pernyataan kontroversial Triesman merupakan opininya pribadi.

0 komentar:

By: Mbahgendeng