Italia Bukan Favorit, Lippi Senang

Italia Bukan Favorit, Lippi SenangJika sebagian besar pelatih berharap timnya menjadi kandidat favorit juara Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, lain halnya dengan Marcello Lippi. Arsitek Timnas Italia justru senang anak-anak asuhnya tidak menjadi favorit pada turnamen di Afrika Selatan nanti. Mengapa?

Menurut Mbahgendeng sebagai juara bertahan, Gli Azzurri jelas menjadi salah satu unggulan pada pesta akbar sepak bola tahun ini. Apalagi, Italia berhasil memimpin Grup 8 Zona Eropa saat kualifikasi lalu dengan catatan tujuh kemenangan serta tiga hasil seri dari 10 laga.

Kendati demikian, sebagian besar analis pesimistis Italia bakal mengulangi prestasi pada 1934-1938 dengan merengkuh dua trofi beruntun. Kesuksesan Spanyol pada Euro 2008 serta penampilan ciamik Brasil di Piala Konfederasi 2009 menempatkan kedua tim sebagai kandidat favorit pada turnamen kali ini. Begitu pula dengan skuad Inggris yang semakin solid di bawah arahan Fabio Capello.

Prediksi itu sama sekali tidak membuat Lippi tersinggung. Dia justru bersyukur timnya 'kalah pamor' dari Brasil, Spanyol dan Inggris. Italia tidak pernah menjadi favorit di ajang Piala Dunia 2010, ungkap Lippi enteng. Tapi, lihatlah sejarah kami. Italia telah meraih empat gelar juara dan kalah satu kali dari Brasil melalui adu penalti. Jika kami memenangkan penalti itu, kami akan memiliki lima gelar juara sekarang, dan Brasil hanya punya empat, lanjutnya sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (5/5/2010).

Italia tergabung dalam Grup F bersama Paraguay, Slovakia, dan Selandia Baru pada penyisihan grup Piala Dunia 2010. Pada laga perdananya, Azzurri bakal menghadapi Paraguay di stadion Green Point, Cape Town, 14 Juni 2010.

0 komentar:

By: Mbahgendeng