Blunder 32 Meter Higuita (1990)

Blunder 32 Meter Higuita (1990)Sekedar mengingatkan saja bahwa pada postingan sebelumnya di blog Cililin membahas tentang AS Terinspirasi Hasil Piala Konfederasi, dan kali ini Cililin akan membahas tentang Blunder 32 Meter Higuita (1990). Menurut informasi bahwa Rene Higuita adalah salah satu kiper paling nyentrik yang pernah ada. Di Piala Dunia 1990 ia membuat kesalahan sangat fatal dari kebiasaannya meninggalkan wilayah permainannya.

Higuita dikenal dengan gaya main yang eksentrik, suka mengambil risiko tinggi dan seringkali mencoba membikin gol. Menurut Dunia dalam Berita bahwa tercatat selama 12 tahun membela Kolombia sejak 1987, pemain kelahiran 27 Agustus 1966 ini menyumbang delapan gol bagi timnas dari 68 kali penampilannya.

Kesalahan fatal ia alami saat Kolombia bertemu Kamerun di babak perdelapan final Piala Dunia 1990. Skor imbang tanpa gol selama 90 menit mengharuskan perlunya babak tambahan. Setelah Kamerun unggul lewat gol Roger Milla di menit 106, tiga menit kemudian petaka itu terjadi. Berjarak 32 meter di depan gawangnya sendiri, Higuita menerima bola dari rekannya sendiri sambil berputar mencari kawan untuk diumpankan kembali.

Higuita yang bernama lengkap Jose Rene Higuita Zapata itu tampak panik mengendalikan bola hingga bola itu berhasil diserobot Milla. Dengan cepat, Milla langsung berlari menggiring bola hingga mendekat kotak penalti. Higuita masih terus berusaha mengejar Milla. El Loco bahkan sempat menekel dari belakang untuk menjatuhkan Milla, walaupun jika itu berhasil ia dipastikan diganjar kartu merah. Namun Milla tak terhentikan dan ia berhasil menceploskan bola ke gawang kosong yang ditinggal kiper gila itu.

Keunggulan Kamerun 2-0 atas Kolombia sempat dikejar lewat gol Bernardo Redin di menit 115. Namun, Indomitable Lions mempertahankan skor 2-1 sehingga Kamerun menjadi tim pertama Afrika yang tampil di perempat final Piala Dunia.

0 komentar:

By: Mbahgendeng