Anggota DPR

Anggota DPRSekedar mengingatkan saja bahwa pada postingan sebelumnya pada blog mbah gendeng membahas tentang Boediono Menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi, dan kali ini Mbahgendeng akan membahas tentang Anggota DPR. Menurut informasi yang didapatkan simbah dari mesin pencari google bahwa kehadiran Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR dalam pembahasan RAPBN-P 2010 diwarnai aksi walkout tiga anggota Banggar.

Mereka keluar dari ruangan rapat setelah usulan agar Sri Mulyani tidak berbicara mewakili pemerintah tidak disepakati pimpinan Banggar. Ini terkait keputusan paripurna DPR yang memutuskan Sri Mulyani bertanggung jawab atas kebijakan pengucuran dana (bailout) penyelamatan Bank Century, menurut Mbah Gendeng. Saya tidak setuju. Kami minta kita ini (seluruh anggota DPR) bisa menghargai keputusan yang telah kita buat sendiri di dalam rapat paripurna, ujar anggota Banggar DPR dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo di Jakarta kemarin. Dia mengatakan, Banggar dapat bersikap sesuai keputusan paripurna. Sikap mereka sebagai bukti konsistensi terhadap putusan paripurna beberapa waktu lalu.

Kami tegas dan konsisten menyuarakan sikap kami atas opsi paripurna yang memilih opsi C dan hasilnya mengikat, katanya. Selain Bambang, mereka yang keluar dari ruangan rapat adalah Desmond J Mahesa dari Fraksi Gerindra dan Erik Satrya Wardhana dari Fraksi Hanura. Menurut Mbah Gendeng, adapun rapat Banggar tersebut dihadiri oleh 52 anggota dari 85 anggota. Erik mengatakan, sikap mereka tersebut tidak ada kaitannya dengan upaya menghambat rapat Banggar. Kami hanya meminta Sri Mulyani tidak bicara. Kalau hadir, silakan. Tapi diwakili saja, katanya. Meski suasana sesaat sempat memanas, pimpinan rapat yakni Ketua Banggar Harry Azhar Aziz akhirnya mampu menenangkan suasana. Dia pun mengusulkan agar Sri Mulyani diizinkan tetap bicara karena mewakili pemerintah, tetapi sikap walkout dari beberapa anggota Dewan tetap dijadikan sebuah catatan rapat.

Menurur Mbah Gendeng, Sri Mulyani hadir mewakili Presiden karena masih dipercaya. Kita lanjutkan rapat dan keberatan dijadikan catatan, kata Harry sambil meminta persetujuan anggota Dewan lainnya. Kalimat setuju pun terdengar dan akhirnya rapat kembali dilanjutkan. Meski diwarnai aksi walkout tiga anggota DPR saat menyampaikan RAPBNP 2010, Menteri Keuangan Sri Mulyani tetap tampil dengan tenang. Setelah diizinkan kembali berbicara mewakili pemerintah, SriMulyanipun menya m p a i k a n laporan . Akhirnya rapat Banggar memutuskan membentuk tiga panitia kerja (panja) untuk membahas RAPBN-P 2010 yakni Panja Asumsi,Panja Belanja Pemerintah, danPanja Transferke Daerah. Jika semua berjalan sesuai rencana, pembahasan RAPBN-P 2010 disepakati selesai bulan depan.

Usai rapat, Sri Mulyani yang langsung dikerubuti wartawan terlihat tenang, bahkan memberikan senyuman. Saat ditanyakan perihal aksi walkout, Sri mengatakan bahwa tanggung jawab pemerintah menyampaikan APBN-P 2010 pada legislatif telah dilaksanakan. Yang jelas tadi APBN sudah dibahas dari sisi postur menampung belanja yang sangat urgen jadi APBN-nya lebih realistis, menurut NegeriAds.com Solusi Berpromosi Paling Mantap. Menanggapi tiga anggota Banggar yang walkout dalam sidang tersebut, Sri Mulyani menyatakan dirinya datang karena diundang mewakili pemerintah. Sementara itu, saat turun dari mobil dinasnya dan memasuki ruang rapat Banggar DPR, Sri Mulyani dikawal sekitar 10 orang ajudan. Tidak hanya itu, Sri Mulyani juga dikawal petugas pengamanan dalam (pamdal) DPR yang membentuk pagar betis untuk mencegah para wartawan yang ingin mewawancarainya.

0 komentar:

By: Mbahgendeng