Atasi Kulit Kering

Sebagai manusia normal tentunya mendambakan kulit yang halus dan bersih. Tentunya tak ada yang ingin kulit wajah dan tubuhnya kering. Hanya saja ada banyak hal yang bisa merusak kecantikan dan keindahan kulit. Hal tersebut bisa di karenakan kesalahan perawatan, bisa juga pengaruh lingkungan, menurut Mbah Gendeng.

Kulit wajah yang kering terlihat tidak segar dan layu. Kulit wajah kering dapat di sebabkan karena kurangnya perawatan dan cuaca. Pada waktu musim hujan dengan udara yang dingin, sering membuat kulit wajah dan tubuh menjadi kering, gatal, dan mudah iritasi. Agar tidak muncul dampak buruk di kemudian hari, kulit yang kering tersebut harus segera di rawat.

Menurut Mbah Gendeng ada beberapa cara khusus untuk mengatasi kulit wajah yang sering karena faktor cuaca. Misalnya, menghindari produk perawatan kulit yang bersifat keras seperti sabun mandi. Untuk membersihkan wajah, lebih baik menggunakan susu pembersih dan penyegar secukupnya saja. Jangan menggunakan sabun mandi karena kandungannya keras, menurut Mbah Gendeng.

Untuk kulit tubuh, gosoklah dengan handuk selama beberapa kali sebelum mandi. Cara tersebut bisa menstimulasi, selain itu menggosok tubuh dengan handuk dapat merangsang kerja dari kelenjar minyak dari kulit tubuh.

Kalu anda sering menggunakan air panas untuk mandi pada pagi hari, dengan alasan suhu yang dingin, sebaiknya di hendikan. Mengapa? Karena air panas akan membuat kulit semakin kering. Kalau bisa setengah jam sebelum mandi, pijat area tubuh dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yang hangat. Baru mandi seperti biasa dengan air hangat.

Cara lain adalah selalu menggunakan pelembab untuk melindungi kulit dari kekeringan. Kalau kulit sudah sangat kering, lebih baik pakai pelembab yang khusus. Dan untuk kulit sensitif, lebih baik menggunakan pelembab yang teksturnya ringan seperti lanolin dan pewangi.

Sementara untuk kulit normal kering, bisa menggunakan pelembab yang memiliki kandungan AHA. Pelembab yang demikian berguna untuk mencerahkan dan melembabkan kulit yang kering. Pesan saya, selalu menggunakan pelembab kapan pun dan di mana pun.

Untuk yang sering atau selalu bekerja di ruangan ber AC, sangat baik jika melindungi kulit dengan menyemprotkan pelembab semprot (facial spray) pada wajah. Sedang untuk kulit tubuh dapat di oleskan body lotion sesering mungkin. Saran saya, gunakan body lotion sesering mungkin terutama sehabis mencuci tangan.

Kulit kering bisa juga terjadi karena pelembab dasar tidak melakukan pengelupasan pada kulit, sehingga sel-sel kulit mati yang belum mengelupas semakin menumpuk. Dan akhirnya kulit menjadi semakin kering serta kusam. Cara yang baik untuk mengatasinya tentu saja dengan makan makanan yang bergizi dan mengandung banyak enzim. Makanan atau buah-buahan yang bergizi dan mengandung banyak enzim adalah nanas dan pepaya.

kulit kering juga dapat diatasi dengan menjalankan diet yang kaya asam lemak baik. Ikan salmon, alpukat, minyak zitun, dan kacang-kacangan. itu semua mengandung minyak yang baik untuk kulit.

Selain dengan menjalankan diet yang kaya asam lemak baik, dapat juga mengkonsumsi suplemen yang banyak mengandung asam lemak omega 3 pada sore atau malam hari. Suplemen minyak bunga mawar juga sangat baik untuk kulit yang kering karena dapat melindungi sel-sel kulit dari dalam.

Cara lain untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan minyak esensial yang dapat membuat kulit kering menjadi lembut. Minyak esensial jenis rosemary atau lavender itu sangat bagus untuk kulit yang kering.

Dan cara yang paling penting tentu saja adalah melakukan perawatan sendiri dirumah. Dengan melakukan perawatan di rumah, kita dapat menggunakan bahan-bahan yang alami, terutama hal tersebut dilakukan orang-orang yang tak sempat untuk pergi kesalon. Alpukat, madu, dan havermut bisa digunakan untuk melembabkan kulit, minumlah banyak-banyak air putih karena akan membantu pendorongan kotoran dari dalam pada kulit kotor atau kusam.

0 komentar:

By: Mbahgendeng